-->

Ilmuwan Jerman Temukan Cara Obati Leukimia

Peneliti-Peneliti di Jerman sudah meningkatkan bahan sintetis yang sangat mungkin penggandaan beberapa sel induk dalam darah. Ini nanti diinginkan dapat menolong untuk menyembuhkan penyakit leukemia.

Beberapa sel induk darah cuma bisa berkembang dalam sumsum tulang. Disini mereka beralih jadi beragam type sel darah yang dibutuhkan oleh badan, termasuk juga sel darah merah serta putih - yang mengangkut oksigen serta memerangi penyakit.
Sepanjang bertahun-tahun, beberapa peneliti di semua dunia sudah coba beragam langkah untuk mengikuti sumsum tulang belakang.

Saat ini peneliti di Institut Tehnologi Karlsruhe, Max Planck Institute for Intelligent Systems serta Kampus Eberhard Karls Tübingen menyampaikan bahwa mereka sudah membuat material berpori dimana beberapa sel induk darah bisa berkembang biak sepanjang empat hari.
Suatu spons dengan sel

Sumsum tulang alami yaitu susunan yang sangatlah kompleks, hingga susah untuk ditiru. Bentuk tiga dimensinya mirip spon serta memiliki kandungan protein yang menjembatani protein-protein yang bertengger di beberapa sel induk.

Malah pori-pori ini sebagai tuan rumah banyak type sel - yang berhubungan keduanya serta membuahkan zat kimiawi - dan sangat mungkin beberapa sel induk darah untuk berkembang biak.

 " Kami beranggapan bahwa beberapa sel induk ini bukan sekedar rasakan komposisi kimia dari sekitarnya. Mereka dapat mungkin saja juga rasakan bila lingkungan mereka lembut atau keras, kasar atau halus, " tutur Cornelia Lee-Thedieck, seseorang peneliti di Institut Tehnologi Karlsruhe, pada DW.

Berbarengan rekan-rekannya, ia mereplikasi susunan spons -seperti sumsum tulang memakai polimer simpel. Mereka mengaitkan protein serta memberikan jenis sel yang lain.

Menyembuhkan leukemia

Beberapa peneliti mau supaya sumsum tulang buatan bisa menolong pengobatan leukemia. Beberapa sel induk darah yang sehat dibutuhkan untuk menyembuhkan leukemia. Beberapa sel induk bisa dipanen di laboratorium serta ditransplantasikan ke pasien. Sekarang ini, beberapa sel induk diisolasi dari darah atau sumsum tulang dari donor yang pas.

 " Menghasilkan sumsum tulang buatan serta mengggandakan sel induk darah yaitu hal yang punya potensi menarik, " tutur Martin Bornhäuser dari Kampus Rumah Sakit Dresden.

 " Ini bakal sangat mungkin dihasilkannya sel induk dalam jumlah yang cukup untuk ditransplantasikan ke pasien dewasa, " imbuhnya.

Beberapa kecil sel induk dapat juga diesktrak dari plasenta sesudah si ibu melahirkan, yaitu : darah tali pusat. Bila orangtua sepakat, dokter bisa menyimpankan serta membekukan darah tali pusat di suatu bank darah.

Pemanenan sel induk

Tetapi, jumlah sel induk dalam darah tali pusat rendah, sekian menurut Pusat dengan Donor Sumsum Tulang Belakang (DKMS), suatu organisasi nirlaba yang mengkampanyekan donasi sumsum tulang di Jerman. " Penerimannya terbatas pada anak-anak serta orang dewasa dengan berat tubuh rendah, " sekian tulisan di websitenya. Karenanya ada sumsum tulang buatan, jadi ini dapat ditanggulangi.
 " Maksud periode panjang kami yaitu untuk membuat susunan pada beberapa sel induk darah, " kata Lee-Thedieck. " Lalu beberapa sel darah itu berkembang biak, serta kami memanen sel induk ini serta memberinya pada pasien. " Dia memberikan temuan ini adalah aplikasi riset fundamental, " Kami barusan bikin suatu prototipe. " Masih tetap perlu sekurang-kurangnya 15 th. lagi hingga tehnologi ini ada untuk pasien.

Serta walau telah ada penemuan ini, sebenarnya tetap harus beberapa ilmuwan belum dapat mengikuti persis sumsum tulang alami seutuhnya, tandas Martin Bornhäuser.
 " Proyek riset yang lain yang diaplikasikan bakal dibutuhkan untuk wujudkan ini jadi fakta, " tuturnya.
Sumber : DW*com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Arsip Blog