-->

6 Jenis buah dan sayur ini justru bisa jadi racun bagi tubuh

Buah dan sayur merupakan jenis makanan sehat yang terbaik. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Itulah sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan Anda agar mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur.

Namun bagaimana jadinya jika buah dan sayur justru berpotensi jadi racun bagi tubuh? Dilansir dari healthmeupdotcom dan merdekadotcom, berikut adalah jenis buah dan sayur yang mampu menurunkan kesehatan tubuh Anda.

Kentang hijau

Kentang adalah sumber karbohidrat yang sehat. Tetapi Anda mesti menahan diri untuk makan kentang sudah beralih warna jadi hijau. Karena hal semacam ini bermakna bahwa kentang terserang cahaya matahari yang terlampau lama yang lalu menyebabkan timbulnya solanin atau glycoalkaloid yang dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, lemas, serta permasalahan pencernaan. menurut spesialis toksin di Nebraska Regional Poison Center, Joan McVoy, R. N., sebagian kentang punya potensi beracun 

 " Sinyal tanda solanin yaitu warna kehijauan dibawah kulit kentang. Kentang yang beracun akan ditumbuhi kecambah kecil, " 

Supaya aman, Joan merekomendasikan untuk mengupas kentang agak dalam untuk menyingkirkan susunan hijau supaya betul-betul aman untuk dikonsumsi. 

Bila Anda cemas, buang kentang yang menghijau serta senantiasa menaruh kentang Anda ditempat yang lembap serta jauh dari cahaya 

Jamur liar 

Jamur memanglah mempunyai nilai gizi yang tinggi. Tetapi cermati type jamur yang bakal Anda mengkonsumsi. Janganlah konsumsi jamur liar atau yang macamnya tak Anda kenali karena dapat bikin Anda keracunan. 

Singkong 

Singkong yaitu umbi-umbian yang sarat kalori, mineral, dan serat. Tetapi janganlah pernah konsumsi singkong yang masih tetap mentah karena dapat jadi toksin untuk badan lantaran ada glikosida sianogen di dalamnya. Hingga utama untuk Anda selalu untuk merendam, membersihkan, serta mengeringkan singkong terlebih dulu karena bisa menyingkirkan toksinnya. 

Pala 

Pada umumnya, pala berguna juga sebagai obat alami untuk kesehatan Anda. Tetapi konsumsi pala dengan jumlah tinggi dapat membahayakan kesehatan Anda. Karena pala memiliki kandungan myristicine, zat yang bisa mengakibatkan muntah, pusing, halusinasi, serta sakit kepala. 

Tomat memanglah berguna untuk menghindar kanker karena kaya zat antioksidan. Sedikit yang tahu bahwa tomat memiliki kandungan atropin, zat beracun yang mengakibatkan pusing, sakit kepala, serta sakit perut. 

Woww, nyatanya tomat memiliki kandungan atropin atau solanin atau umum dimaksud gikoalkoloid. Toksin ini umumnya semakin banyak ada pada tomat yang masih tetap hijau serta masih tetap belum demikian masak. 

Dampak Keracunan 

Umumnya apabila keracunan gikoalkoloid pasien bakal alami keletihan, pendarahan pada system cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, serta yang paling kronis yaitu kematian. Toksin ini dapat dimatikan lewat cara tomat di masak sampai benar – benar masak serta siap untuk di santap. 

Apabila bijinya tidak berniat tertelan serta hancur di mulut, jadi biji itu bakal keluarkan zat hidrogen sianida. 

Hidrogen Sianida 

Zat hidrogen sianida pada cheri bisa mengakibatkan Anda pusing berat, muntah – mutah, serta sakit perut. Bahkan juga apabila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak bisa menyebabkan penyakit ginjal. Baiknya apabila Anda mengonsumsi buah cheri, jadi buang dulu bijinya. 

Bila ada tanda-tanda keracunan buah ini, sebaiknya anda selekasnya memeriksakan ke dokter atau minimum mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. 

Janganlah tertipu dengan memiliki bentuk yang indah. Karena ceri memiliki kandungan glikosida sianogen, terlebih dalam biji mereka, yang melepas sianida waktu dikunyah. Oleh karenanya mengkonsumsi dengan jumlah yang sekedarnya saja. 

Sedikit yang tahu bahwa makanan sehat diatas dapat membahayakan kesehatan Anda lantaran kandungan toksin terselubung di dalamnya. Oleh karenanya berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya. 

Dari Beragam Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

Lagi Naik Daun

Arsip Blog